Pesta Gol Atas Panama, Timnas Inggris Catat Sejarah Baru di Piala Dunia 2018

Skuad Timnas Inggris sukses menciptakan sejarah pada perhelatan Piala Dunia 2018 setelah mencetak lima gol ke timnas Panama di babak awal laga kedua Grup G yang dilaksanakan di Stadion Nizhny Novgorod, Minggu (24/6/2018).

Hanya selama 45 menit, timnas Inggris sukses menciptakan 5-0 atas timnas Panama dari sepakan John Stone dan Harry Kane juga terjangan Jesse Lingard. Laga ini akhirnya mereka menangkan dengan skor telak yakni 6-1 setelah Kane berhasil menciptakan hat-trick sebelum Panama menciptakan gol hiburan dari Felipe Baloy.

Selama ikut berlaga di turnamen ini, Inggris belum pernah menciptakan 5 gol pada babak awal atau menciptakan 6 gol di satu laga. Bahkan, jumlah tersebut melampaui pencapaian Inggris yang paling banyak di satu laga hanya 4 gol.

Catatan itu pernah mereka buktika saat ikut Piala Dunia 1954 kontra Belgia dengan skor sama yakni 4-4 dan ketika meraih juara di tahun 1966 setelah dengan skor 4-2 atas Jerman Barat.

Pencapaian ini menjadi bukti jika Inggris sudah memperoleh kemajuan yang baik dan melampaui pencapaian timnas Austria, Yugoslavia, hingga timnas Polandia serta timnas Jerman. Austria sejatinya menjadi tim pertama yang sukses mencatatkan hasil laga Piala Dunia 1954 ketika sukses dengan skor 7-5 atas Swiss di babak perempat final.

Yugoslavia sendiri membukukannya saat berlaga Grup 2 Piala Dunia 1974 ketika berhadapan dengan Republik Zaire dengan skor akhir 9-0. Sehari setelah itu, Polandia berhasil mencatatkan 5 gol dalam babak awal ketika berhadapan dengan Haiti dengan skor akhir 7-0.

Di sisi lain, timnas Jerman baru sukses membukukan gol mengesankan kala beradu di babak semifinal Piala Dunia 2014 kontra timnas Brasil dengan skor telak 7-1.