Skuad Mematikan Timnas Inggris Selama Piala Dunia 2018

Stadion Nizhny Novgorod menjadi saksi kemenangan Timnas Inggris melawan timnas Panama pada laga kedua Grup G di Piala Dunia 2018, Minggu (24/6) kemarin. Namun, ada hal menarik dalam laga The Three Lions saat menciptakan gol di tim lawan mereka.

Timnas Inggris sukses tampil membanggakan kala bersua dengan timnas Panama. Tim dari Gareth Southgate tersebut unggul dengan skor 5-0 pada babak awal dari dua sepakan jitu Harry Kane, John Stones yang juga mencetak dua gol serta Jesse Lingard membukukan satu gol.

Kemenangan dan perayaan gol timnas kemudian disudahi dengan terjangan ketiga Kane pada babak kedua, tepat di menit ke-62. Gol tersebut sukses menjadikan Kane mencapai posisi atas skor Piala Dunia 2018 melampaui gol dari Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku.

Inggris memang sudah diprediksi akan menang melawan Panama dalam laga ini. Namun, kesuksesan Inggris menciptakan lima gol tanpa adanya balasan di babak awal memperlihatkan hal yang menarik. Tim ini berhasil memiliki senjata baru di Piala Dunia 2018.

Inggris vs Panama

Senjata tersebut yakni skema bola mati. Empat gol mereka ternyata berasal dari bola mati. Uniknya, dua sepakan Kane saat melawan Tunisia juga dalam laga awal bermula dari sepakan pojok. Itu menjadikan timnas ini memiliki enam dari delapan gol yang diciptakan Inggris dari dua laga Grup G bermula dari bola mati, baik dari tendangan penalti, pojok, atau tendangan bebas.

Dua gol Inggris dari skema terbuka di laga Grup G terjadi saat Lingard menciptakan gol ke Panama melalui sepakan jarak jauh dan saat Kane tak sengaja menghambat serangan Ruben Loftus-Cheek ketika berhadapan dengan Panama.

Pola permainan mengesankan dari bola mati semakin dibuktikan dari tindakan John Stones yang menciptakan gol keduanya saat melawan Panama. Bermula dari operan Kieran Trippier dari umpan jarak dekat pada Jordan Henderson yang memainkan kembali umpan lambung ke Kane. Kane kemudian melanjutkannya ke Raheem Sterling yang sudah menanti di gawang Panama, walau gagal. Tapi, Stones dengan sigap memainkannya kembali ke gawang Panama.

Adanya Kane di lini depan bersama pemain sekelas John Stones dan Harry Maguire, patut menjadi dimanfaatkan Inggris demi mencetak gol dari bola tinggi. Menciptakan gol melalui bola mati memang memberikan hasil baik untuk Inggris selama Piala Dunia 2018. Namun, laga yang mematikan akan segera hadir saat Inggris akan menghadapi Belgia di Stadion Kaliningrad, pada tanggal 29 Juni.

Apakah sang pelatih akan memainkan skema 3-5-2, yang juga digunakan Antonio Conte bersama Chelsea. Southgate memang berhasil menjadikan Kyle Walker menjadi salah satu bek yang handal dalam skema. Ashley Young di sisi kiri dan Trippier di bagian kanan juga menjadikan tim kian solid.

Sebagai pemain di lini sayap, Young dan Trippier memang harus berupaya dengan keras dan memiliki energi yang kuat. Pasalnya, mereka akan tampil sebagai penyerang dan pemain di lini pertahanan selama bertarung dengan tim lawan. Skuad semakin sempurna karena dapat menciptakan lima gol dari laga mereka di Piala Dunia 2018.